MAKRAB dan Pengabdian Masyarakat Tadris IPS IAIN Kudus 2019

Blog Single

Pada tanggal 1-2 Maret 2019, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris IPS  melaksanakan kegiatan Malam Keakraban dan Pengbdian Masyarakat di Bumi Perkemahan Ronggokusumo, Klaling, Jekulo, Kudus. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa Tadris IPS. Serta Dosen dari Prodi Tadris IPS. Acara Tersebut juga dihadiri tamu dari luar seperti HMPS BKPI dan Ketua Almapipsi (Aliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial seluruh Indonesia) Bima Purba Mahasiswa dari UNY.

Keseruan malam keakraban tiba pada saat acara api unggun yang dipimpin oleh Kaprodi Tadris IPS  Bapak Dr.Rofiq Faudy Akbar M.Pd, dimana semua mahasiswa IPS bermain dan bernyanyi bersama. Setelah acara api unggun dilanjut musyawarah mahasiswa IPS untuk menentukan ketua HMPS melalui sistem voting. Dari voting tersebut, terpilihlah Ahmad Farohi sebagai ketua HMPS periode 2019 menggantikan Safiq Mustaqfir Ridlo. Ini merupakan babak baru perjalanan HMPS Tadris IPS dengan terpilihnya ketua HMPS pada malam keakraban, malam yang penuh dengan impian dan harapan.

Pada Pagi harinya mahasiswa Tadris IPS melakukan senam bersama dilanjut dengan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di desa Klaling. dengan gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar dan mushola. Selain itu  para mahasiswa juga membagikan Abate (Obat pencegah nyamuk DBD) kepada masyarakat. Hal ini disambut baik oleh Kepala Desa Klaling dan masyarakat desa Mereka senang dengan kehadiran mahasiswa Tadris IPS, Serta turut bergotong-royong membersihkan lingkungan sekitar.

Kegiatan Makrab dan Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa IPS agar tali persaudaraan antar mahasiswa semakin erat, dan berlatih untuk mengabdikan diri kepada masyarakat karena nantinya sebagai mahasiswa harus mampu terjun ke masyarakat dan berbaur dengan mereka, mengabdikan diri untuk negeri melalui pengabdian masyarakat. Sejatinya sebagai mahasiswa yang berjiwa sosial yang tinggi, tentu dirinya akan melekat dan menyatu dengan masyarakat yang ada di sekitar.

Share this Post1: